Kondisi Saling Bergantung dalam Interaksi Keruangan


1. Saling Melengkapi ( Complementarity atau Regional Complementarity

Hal ini terjadi apabila suatu wilayah atau Ruang memiliki perbedaan komoditas yang dihasilkan. 

Contoh 

Wilayah dataran tinggi terkenal dengan penghasil sayuran nya, sedangkan wilayah pesisir pantai dikenal sebagai penghasil ikan nya. Tentunya wilayah tersebut tidak akan selamanya mengkonsumsi komoditas yang dihasilkan masing- masing. Pasti mereka menginginkan sesuatu yang berbeda yaitu dengan melakukan pertukaran atau jual beli sebagai pemenuhan kebutuhan hidup meliputi kebutuhan ekonomi maupun kepuasan jasmani (selera). 


2. Kesempatan Antara (Intervening Opportunity) 

Kesempatan antara ini maksudnya yaitu suatu tempat atau lokasi yang akan di tuju menawarkan alternatif yang lebih baik atau menguntungkan. 

Contoh

Pedagang Cikampek-Karawang  biasanya membeli sayuran  ke Lembang- bandung untuk di jual kembali. Karena Pasar Induk Cikopo dibangun lebih dekat dengan cikampek, maka pedagang beralih dengan membeli sayuran di tempat tersebut. 


3. Kemudahan Transfer ( Transfer Ability) 

Pengiriman barang tidak mengeluarkan biaya yang banyak sehingga masih memperoleh keuntungan. 

Contoh

Biasanya distribusi barang dari wilayah A ke wilayah B hanya membutuhkan waktu satu jam. Namun karena terputusnya jembatan penghubung antara kedua wilayah tersebut, membuat pengiriman menjadi lebih lama bahkan berakibat kepada pembatalan transaksi. 



Sumber :

Iwan, S. dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta. PT Gramedia


Comments

Popular posts from this blog

Perpanjangan SIM Keliling

Interaksi Sosial

Dinamika Masyarakat Indonesia